SILATURAHIM

Pertahankan Tesis tentang Alquran dan Politik Islam, Putra Politisi PKS ini Raih Master di King Saud University

Riyadh (SI Online) – Salah satu putra Indonesia yang sedang belajar di King Saud University (KSU), Riyadh, Saudi Arabia, Faris Jihady, berhasil mempertahankan tesisnya dan dinyatakan lulus.

Mahasiswa pascasarjana jurusan tafsir itu dinyatakan lulus setelah diuji selama dua jam oleh tiga orang dosen penguji, Rabu 18 April 2018. Ujian tesis itu dipimpin oleh Dr. Shalih bin Nashir An Nashir, dengan anggota Prof. Dr. Nashir bin Muhammad Al Mani’,  dan Dr. Muhsin bin Hamid Al Muthiri.

Faris, yang hafal Al Qur’an semenjak kecil ini, mempertahankan tesisnya berjudul “Al Istidlal bil Ayat Al Qur’aniyyah fi Kutub As Siyasah Asy Syar’iyyah, Dirosah Tahliliyyah”, yang dalam bahasa Indonesia berarti “Studi Analitis Penggunaan Dalil Ayat Al Quran dalam Literatur Politik Islam (Siyasah Syar’iyyah)”.

Penelitian ilmiah yang ditulis lebih dari 300 halaman ini dikritisi ketat oleh para penguji. Nampak terlihat tegang dari wajah alumni LIPIA Jakarta ini.

Dalam pembukaan sidang, Faris memaparkan ayat-ayat yang terkait  pembahasan siyasah syar’iyyah dengan detil. Selama dua jam, Faris dapat mempertahankan argumen di hadapan penguji.

Di akhir sidang, tim penguji memberikan keputusan bahwa Faris dinyatakan lulus. “Seandainya boleh memberikan nilai, maka kami memberikan nilai tesis ini cumlaude,” kata Dr. Shalih, selaku pimpinan sidang.

Bukan hanya pemberitahuan kelulusan, ketua tim penguji menyarankan agar karya ilmiyah ini dicetak dan disebarluaskan.

“Karena bagusnya karya tulis ini, kami mewasiatkan agar karya tulis ini dapat dicetak dan disebarluaskan,” kata Syaikh Shalih.

Usai pengumuman oleh tim penguji, nampak wajah gembira pada Faris. Terlihat padanya senyum menyumbul. Hal ini berbeda dengan keadaan sebelumnya.

Usai sidang ditutup, Faris berpose di depan kamera dengan tim penguji dan rekan-rekan mahasiswa Indonesia yang hadir.

Peserta yang menyaksikan sidang, satu persatu memeluk Faris dan mengucapkan selamat kepadanya.

Selamat kepada Ustadz Faris Jihadi, Lc, MA. Semoga Allah memberkahimu, dan ilmunya bermanfaat bagi diri, agama, dan bangsa.

Sebagai informasi, Faris Jihady Hanifa adalah putra kedua dari pasangan politisi, aktivis Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mutammimul Ula dan Wirianingsih. Faris menjadi penghafal Al-Quran saat usianya masih 10 tahun. Ia mendapatkan predikat mumtaz sebagai penghafal Al-Quran.

Faris meraih sertifikat Sanad Syathibiyah dalam bacaan Hafsh dari Aashim. Prestasi ini didapat tidak lebih dari tiga bulan. Ia berhasil menuntaskan setoran hafalan Al-Quran di hadapan Syekh Hasan Awaajiy, di sebuah masjid kecil bilangan kompleks Perumahan Dosen King Saud University, Riyadh.

Rep: Budi Marta
Red: Shodiq Ramadhan

Tags

ARTIKEL TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d blogger menyukai ini: