#Pilpres 2019OPINI

Prabowo-Sandi Menang: Seberapa Akurat Riset Big Data?

Seberapa akurat big data bisa memprediksi hasil pilres? Pertanyaan itu muncul menyusul rilis riset big data Evello yang menyimpulkan: PILPRES SUDAH SELESAI. Prabowo-Sandi akan menjadi Presiden-Wakil Presiden RI 2019-2024.

Kesimpulan tim riset Evello itu sungguh sangat berani di tengah pembentukan opini besar-besaran oleh sejumlah lembaga survei dari istana: Kemenangan Jokowi sudah tidak terbendung.

Berdasarkan riset big data yang dikumpulkan melalui media online dan medsos antara lain Facebook, Google, Twitter, dan Youtube (6-13 April), Evello memprediksi pasangan Jokowi-Ma’ruf akan memperoleh suara 44,128 persen, dan Prabowo-Sandi 55,872 persen.

Sebelum Evello riset big data yang dilakukan oleh Menara Digital pada periode 11-24 Maret juga menghasilkan angka yang sama. Pasangan Jokowi-Ma’ruf memperoleh 44,4 persen dan Prabowo-Sandi 55,6 persen. Angkanya nyaris sama dengan hanya selisih 0 sekian persen.

Riset menggunakan percakapan di medsos untuk memprediksi hasil pilpres, sesungguhnya bukan hal yang baru. Pada Pilpres 2014 Politica Wave juga dengan akurat memprediksi kemenangan Jokowi-Jusuf Kalla.

Dari pemantauan percakapan di medsos Poltica Wave memprediksi Jokowi-JK 53,8 persen dan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa 46, 2 persen. Hasil perhitungan akhir KPU Jokowi-JK 53, 15 persen, Prabowo-Hatta 46,85 persen.

Prediksi Politica Wave meleset pada Pilkada DKI putaran dua 2017. Mereka memprediksi Ahok-Djarot akan memenangkan pilkada dengan angka 52,72 persen.

Di AS pada Pilpres 2016 lembaga riset big data People’s Pundit Daily (PPD) juga berhasil dengan sangat akurat memprediksi kemenangan Trump atas Hillary Clinton. Prediksi PPD Trump 48, 4 persen, Hillary 47, 8 persen.

Berbeda dengan sistem penghitungan suara di Indonesia, di AS selain suara pemilih (popular vote) juga diperhitungkan suara elektoral (electoral vote). Hillary menang dari total suara pemilih, namun kalah secara elektoral. Dia kalah dalam pilpres.

1 2 3Laman berikutnya
Tags

ARTIKEL TERKAIT

Back to top button
Close
Close