INTERNASIONAL

Ribuan Warga Gelar Aksi Tolak Blokade Laut di Jalur Gaza

Gaza (SI Online) – Ribuan warga Palestina mengikuti aksi laut yang ke 21 di utara Jalur Gaza, Senin lalu (24/12). Aksi digelar di dekat pagar pembatas yang memisahkan antara wilayah Gaza dan wilayah jajahan Palestina 48. Acara tersebut juga diikuti 25 perahu Palestina dan didukung gerakan darat warga Palestina.

Ribuan warga setiap pekannya melakukan mobilisasi massa untuk mendukung aksi pawai laut yang diluncurkan Gerakan Nasional Aksi Kepulangan, selama lebih dari dua bulan sebagai bagian dari kegiatan damai untuk menuntut hak mereka kembali ke tanah kelahirannya dan menolak blokade internasional yang diberlakukan di Jalur Gaza.

Badan yang dibimbing lembaga aksi nasional senantiasa memantau aksi laut ini dengan tema “Darah Kita Jalan Pembebasan Palestina”.

Gerakan massal rakyat Palestina ini menegaskan bahwa mereka akan terus bergerak ke segala arah dan jalur untuk menghancurkan blokade dan bahwa mereka tidak akan tertipu dengan gerakan politik yang mencoba untuk memaling mereka dari tujuan utama ini.

Sejak beberapa bulan yang lalu, Gerakan Mobilitas Nasional meluncurkan serangkaian aksi laut ke dunia luar dan perbatasan utara Jalur Gaza dalam upayanya untuk menghancurkan blokade laut di Jalur Gaza. Akan tetapi tentara Zionis senantiasa melakukan arogansinya dengan menindas para peserta dan berupaya untuk menggagalkan aksi mereka serta menangkapnya dengan kapal-kapal perang mereka.

Sejak 30 Maret, warga telah mengorganisir demonstrasi damai di kamp-kamp aksi kepulangan di lima gubernuran Gaza sebelah timur untuk menuntut hak kembali serta pembebasan blokade.

Menurut Departemen Kesehatan Palestina sejak saat itu pasukan Zionis melakukan kejahatanya terhadap demonstran damai yang mengakibatkan gugurnya sekitar 230 warga dan cedera lebih dari 21 ribu orang di tempat yang berbeda.

sumber: infopalestina

Tags

ARTIKEL TERKAIT

Back to top button
Close
Close