NASIONAL

RS Mata Achmad Wardi BWI-DD Diresmikan

Serang (SI Online) – Rumah Sakit Mata Achmad Wardi BWI-DD diresmikan hari ini, Sabtu (21/4/2018) siang, di Serang, Banten. Wakil Ketua BWI Yuli Yasin dan Ketua Dewan Pembina Yayasan Dompet Dhuafa Republika Parni Hadi menandatangani prasasti peresmian rumah sakit tersebut.

Selanjutnya, keduanya bersama Presiden Ramon Magsaysay Award Foundation Carmencita Abella, Irjen Kementerian Kesehatan Oscar Primadi, dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Sigit Wardoyo memotong pita menandai pembukaan rumah sakit secara resmi.

Dalam sambutannya, Carmencita Abella mengapresiasi pendirian rumah sakit mata berbasis wakaf tersebut dan menyebutnya sebagai suatu kontribusi positif bagi masyarakat Indonesia. Ia pun mengusulkan agar nama rumah sakit diganti dengan rumah sehat karena rumah sakit adalah rumah untuk mengembalikan kesehatan dan melindungi nyawa orang.

Sementara itu, Yuli Yasin menyampaikan bahwa berdirinya rumah sakit wakaf ini memberikan pesan edukatif tentang fikih wakaf kepada masyarakat. “Bahwasanya wakaf tidak melulu terkait masjid dan kuburan.”

Yuli menjelaskan bahwa rumah sakit wakaf sudah ada pada masa awal Islam. Rumah sakit wakaf pertama, jelas Yuli, berdiri pada tahun 88 Hijriah di Damaskus, Suriah, di masa pemerintahan Abdul Malik dari dinasti Umawi.

Yuli berharap rumah sakit ini dapat memberikan pelayanan terbaik bagi kesehatan mata masyarakat Serang. “Sehingga kita dapat membuktikan bahwa wakaf mampu melayani umat dalam berbagai bidang, termasuk kesehatan.”

Yuli juga berharap rumah sakit wakaf bisa dibangun di seluruh Indonesia, pada setiap satu provinsi ada satu rumah sakit wakaf. Atau bahkan di setiap kabupaten ada satu rumah sakit wakaf.

Peresmian Rumah Sakit Mata Achmad Wardi BWI-DD berjalan meriah meski Menteri Kesehatan Nila Moeloek batal hadir karena ada tugas ke Arab Saudi terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji. Menurut Parni Hadi, Menteri Nila diundang untuk meresmikan karena ia menteri kesehatan, dokter mata, dan juga wanita, bertepatan dengan hari Kartini.

Meski tidak bisa hadir, melalui rekaman video Menkes mengucapkan selamat dan apresiasinya atas berdirinya rumah sakit mata wakaf ini.

red: adhila

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d blogger menyukai ini: