PERSOALAN UMAT

Tiga Sifat yang Bisa Menghancurkan Kehidupan

Ilustri seseorang yang sedang kebingungan

Bogor (SI Online) – Dalam menjalani kehidupan, hendaknya kita bisa menghindari berbagai sifat buruk yang bisa merusak bahkan menghancurkan kehidupan. Menurut Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin, setidaknya ada tiga sifat buruk yang harus kita jauhi.

Pertama, menjauhi sifat takabur. Sifat ini menjadikan seseorang merasa paling benar dan sombong. “Contohnya iblis, dengan sebab takaburnya ia tidak mau mengikuti perintah Allah untuk hormat kepada Nabi Adam. Kesombongannya mendominasi pemikirannya, itu menjadi penyebab kekafiran,” kata Kyai Didin saat mengisi kajian tafsir di Masjid Al Hijri Bogor, Ahad (31/1/2016).

Kedua, menjauhi sifat rakus. Rakus itu sejatinya adalah penyebab kefakiran, walaupun kelihatannya kaya tapi sesungguhnya adalah fakir. Lihat saja para koruptor, meski hartanya sudah banyak dan bergaji besar tapi masih saja korupsi. Mereka ini hidupnya dikendalikan materi.

“Nabi Muhammad Saw pernah mengingatkan, bahwa seandainya manusia diberi gunung emas, niscaya dia ingin yang kedua. Artinya, jika mengikuti hawa nafsu harta itu tidak akan bisa membuat puas,” jelasnya.

Lalu yang ketiga, kita harus menjauhi sifat hasud atau dengki. Kezaliman itu berawal dari hasud. Contohnya putera Nabi Adam yaitu Qabil yang membunuh saudaranya Habil karena hasud. Orang yang memiliki sifat hasud ini tidak pernah bersyukur ketika orang lain mendapatkan kenikmatan, dan dengan hasud seseorang bisa memfitnah bahkan melakukan pembunuhan.

“Jadi, ketiga sifat itulah yang menjadi sumber kehancuran. Karenanya, kita harus menghindarinya dengan selalu berusaha hidup sesuai aturan Allah dan RasulNya,” pesan Kyai Didin.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d blogger menyukai ini: