NASIONAL

Tunaikan Janji, Anies Mulai Pembangunan Stadion Internasional Jakarta

Jakarta (SI Online) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai membangun Stadion Jakarta International Soccer Stadium (JISOCS) di Kawasan Sarana Rekreasi Olahraga (SRO) Jakarta Utara. Pembangunan itu ditandai dengan kick off atau tendangan perdana oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Alhamdulillah hari ini salah satu janji yang kita berikan kepada masyarakat ibu kota membangun stadion sepak bola kelas dunia dimulai pembangunannya satu demi satu,” ujar Anies usai Kick Off (Tendangan Perdana) Pembangunan JISOCS di Kawasan SRO Jakarta Utara, Kamis (14/3) sore.

Anies mengatakan, stadion berkelas internasional ini akan menjadi kebanggaan warga ibu kota. Ia menyebut, stadion dapat disandingkan dengan klub-klub elite dunia seperti Manchester United, Liverpool, Real Madrid dan Barcelona.

Jakarta International Stadium berlokasi sangat strategis karena berada di wilayah Utara Jakarta dan memiliki beberapa akses yang dekat dengan moda transportasi umum, seperti Commuterline, Transjakarta, LRT dan MRT. Harapannya, warga Jakarta tidak menggunakan kendaraan pribadi, melainkan dapat menggunakan transportasi umum jika hendak datang ke stadion.

Tak hanya itu, lokasi pembangunan juga dilalui jalan tol inner dan outter ring road sehingga menambah nilai strategis kawasan. Stadion tersebut dirancang dengan luas sekitar 221.000 m2, serta memiliki kapasitas 82.000 penonton.

Anies menerangkan, pembangunan stadion ini dirancang untuk bisa digunakan berbagai kegiatan baik olahraga maupun kegiatan seni dan budaya.

“Kita rancang agar benar-benar menjadi contoh sebuah gedung dengan prinsip ramah lingkungan, kelas platinum tertinggi dalam konsep green building,” kata dia.

red: farah abdillah

Tags

ARTIKEL TERKAIT

Back to top button
Close
Close