#Duka LombokNASIONAL

Yayasan Bidik Global dan Muslimah Bogor Raya Bantu Korban Gempa NTB

Lombok (SI Online) – Yayasan Bidik Global Foundation bekerjasama dengan Muslimah Bogor Raya menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Direktur Bidik Global Ustaz Iyus Khaerunnas memimpin penyaluran bantuan tersebut bersama sejumlah relawan dari Muslimah Bogor Raya ke sejumlah posko gempa di Lombok Timur dan Utara. Penyaluran bantuan dibantu oleh tim posko dari Pesantren Nurul Hakim Lombok.

Selama empat hari di NTB sejak 18 hingga 21 Agustus 2018, Ustaz Iyus dan tim juga melakukan pemetaan di sejumlah lokasi. Hal ini dilakukan agar lebih paham kondisi di lapangan sehingga bisa diupayakan kembali menyalurkan bantuan tahap berikutnya.

“Pengalaman dari sana, Lombok itu artinya lurus. Para tetua dan tuan guru menjadikan Lombok ini sebagai pulau yang nyaman, aman dan tentram khususnya bagi para perindu Allah. Tuan guru itu ibarat paku paku bumi Lombok. Merekalah yang menjaga Lombok dengan doa, zikir, ibadah dan dakwah. Karena itu seringkali memberi nasihat, jangan sampai Lombok dijadikan tempat wisata yang ternodai dengan maksiat. Maka kemudian diproklamirkanlah Lombok sebagai pulau Seribu Masjid,” ungkap Ustaz Iyus.

Namun demikian, lanjut Ustaz Iyus, dalam perjalanannya sejumlah tuan guru yang soleh dan ikhlas itu kemudian wafat dan membuat paku paku Lombok seperti terlepas satu persatu. Terakhir yang wafat adalah Tuan Guru Haji Shafwan Hakim, Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Hakim, Kediri Lombok Barat.

“Lalu adakah hubungannya dengan gempa yang begitu dahsyat memporak-porandakan rumah-rumah penduduk? Hanya Allah yang lebih tahu, tetapi satu pesan yang saya dapatkan dari suara hati penduduk yang kita bantu bahwa Lombok harus kembali ke jatidirinya yaitu lurus,” tutur Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama Bogor Raya itu.

Oleh karena itu, pihaknya tidak hanya sekedar memberikan bantuan tetapi juga menyerap aspirasi para penduduk yang menjadi korban gempa.

“Kami berharap masyarakat Lombok bangkit kembali bersama Allah. Dan kami tidak akan pernah membiarkan saudara kami berada dalam kesulitan. Insyaallah kami bantu semampunya menuju Lombok yang Baldatun Thoyyibatin wa Robbun Ghafur,” tandas Ustaz Iyus.

Tidak lupa, Ustaz Iyus dan tim juga mengungkapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan bantuan, baik melalui yayasan yang dipimpinnya maupun dari berbagai lembaga kemanusiaan yang juga sama-sama bergerak menyalurkan bantuan.

red: adhila

ARTIKEL TERKAIT

Close