REMAJA

Yuk, Istikamah dalam Taat!

Sobat, bersyukurlah jika kamu termasuk orang-orang yang berhijrah. Sungguh kenikmatan luar biasa mengecap jalan hijrah. Hijrah memang mudah, hanya diperlukan azzam yang kuat. Namun, sesungguhnya akan banyak rintangan yang menyertainya. Maka butuh istiqomah agar kita senantiasa dalam ketaatan.

Sobat, berikut beberapa tips yang dapat kamu coba. Agar kamu sukses istiqomah dalam ketaatan.

Tips pertama, niat. Sejatinya asal penciptaan manusia, kehidupan dan alam semesta adalah dari Al-Khaliq Al-Muddabir. Maka menjadi keharusan bagi kita, untuk mengetahui hakikat penciptaan kita. Tak lain dan tak bukan untuk beribadah kepada Allah Ta’ala semata. Ketaatan dan ketundukan kita hanya kepada Allah Ta’ala saja. Adalah sebuah keniscayaa ridha-Nya adalah muara dari segala perbuatan kita.

Maka niatkan awal yang baik karena Allah Ta’ala. Insya Allah berbagai rintangan, tantangan dan ujian akan kita kembalikan pada Allah Ta’ala. Hal tersebut juga akan memacu kita untuk bersemangat dalam berhijrah. Sebab jannah dan ridha-Nya menjadi motivasi terbesar kita. Niat karena Allah Ta’ala menjadi kekuatan untuk menghadapi beratnya ujian yang menggoyahkan keistiqomahan kita.

Kedua, nalar. Pergunakan nalar kita untuk berpikir bahwa kita hanyalah makhluk ciptaan-Nya yang lemah dan terbatas. Kelemahan dan keterbatasan itulah yang membuat kita bergantung pada-Nya. Di satu sisi, menyadari bahwa kita hamba Allah Ta’ala yang pasti diuji dengan berbagai ujian. Namun, segala ujian membuat kita semakin bersinar. Ibarat kerang mutiara yang dilukai justru semakin berharga dan bersinar.

Ketiga, network. Teman mempengaruhi keistiqomahan kita dalam taat. Berteman dengan orang-orang shalih akan menghasilkan ilmu-ilmu yang bermanfaat, akhlak-akhlak yang mulia, dan amal-amal yang shalih bagi kita. Di satu sisi teman yang shalih tak segan-segan mengingatkan jika kita berbuat salah dan maksiat. Mereka akan menjaga kita dalam jalan istiqomah yang penuh liku. Maka carilah teman yang membuat kita tangguh dan bersinar ibarat kerang mutiara. Carilah teman yang membawa kita ke surga-Nya!

So sobat, selamat mencoba tips sukses istiqomah dalam ketaatan. Semoga ketaatan kita mempertemukan kita di jannah-Nya kelak. Insyaallah. WalLahu’alam.

Ummu Naflah
Pemerhati Remaja, Member AMK

Tags
Back to top button
Close
Close